RSS

Ada Tempat Kosong di Selasar Surga Firdaus (Materi Halaqoh Tadi Malam)

oleh Ahmad Hadian Kardiadinata pada 09 November 2011 jam 11:14

Bukan aku lancang kepada Mu ya Robb, jika diujung dzikir sunat Fajar ku, kerap ku rutuki langit yang setiap pagi menyirami bumi kami.

Sungguh pohon kemunafikan semakin subur merambati relung hati, dan daun-daunnya merimbuni tubuh bugar para lelaki hingga ia lelap terbuai mimpi.

Maafkan jika sesal ini begitu menyesak dada, setiap kali gagal untuk menepis moleknya teman tidurku. Lalu kubiarkan…kalimat Iqomat..sayup ditelan hangatnya pelukan shubuh.

Allah…., pasti sang Nazir sahabatku itu celingukan selepas salam

Kehilangan teman untuk muroja’ah hafalannya, ketika kugantungkan biji tasbih -yang baru saja tamat ku eja- didekat cermin kamar tidurku.

Bunyi dzikirnya memang terdengar sama, disini dan disana…

Tapi disana…27 kali lebih indah lantunannya, 27 kali lebih kuat gaungnya, 27 kali lebih tinggi derajatnya, dan 27 kali lebih berkah akibatnya dikebersamaan, antara pilar-pilar langit, diatas permadani surga.

Sedangkan aku disini….tenggelam dalam bait-bait sunyi kesendirian, diantara megahnya tiang-tiang rumah duniaku.

Bagaimanapun memang ada selisih….diantara keduanya.

Rasulullah SAW pernah mengisyaratkan bahwa orang yg tidak lurus shaf nya dlm sholat berjamaah di masjid adalah pertanda HATINYA MASIH BERSELISIH DENGAN SESAMA SAUDARA MUSLIMNYA.

Allah…., kalau yg sholat berjamaah di masjid -tapi tidak lurus saja- bisa mengakibatkan hati nya berselisih, bagaimana pula halnya aku yang tidak ikut sholat berjamaah ???? Astaghfirullah..

Kenyataannya, memang begitu banyak hal yang telah menahan kaki kita utk melangkah ke masjid terutama pada waktu Isya' dan Shubuh.

Kita simak taujih Baginda Nabi Saw berikut ini;

Dari Ibnu Mas`ud ra berkata ; “Bahwa aku melihat dari kami yaitu tidaklah seseorang meninggalkan shalat jamaah (di Masjid) kecuali orang-orang munafik yang sudah dikenal kemunafikannya atau seorang yang memang sakit yang tidak bisa berjalan". (HR. Muslim)

Dari Ibnu Abbas ra bahwa Rasulullah SAW bersabda,"Siapa yang mendengar azan namun tidak mendatanginya (ke Masjid) untuk shalat, maka tidak ada shalat baginya. Kecuali bagi orang yang uzur". (HR. Ibnu Majah 793, Ad-Daruquthuni 1/420, Ibnu Hibban 2064, Al-Hakim 1/245 dan sanadnya shahih).

Dari Abi Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda,"Sesungguhnya shalat yang paling berat buat orang munafik adalah shalat Isya dan Shubuh. Seandainya mereka tahu apa yang akan mereka dapat dari kedua shalat itu, pastilah mereka akan mendatanginya meski dengan merangkak. Sungguh aku punya keinginan untuk memerintahkan shalat dan didirikan, lalu aku memerintahkan satu orang untuk jadi imam. Kemudian pergi bersamaku dengan beberapa orang membawa seikat kayu bakar menuju ke suatu kaum yang tidak ikut menghadiri shalat dan aku bakar rumah-rumah mereka dengan api". (HR. Bukhari 644,657,2420,7224. Muslim 651 dan lafaz hadits ini darinya).

Dan Allah SWT berfirman :
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah harta-hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Barangsiapa yang membuat demikian maka mereka itulah orang-orang yang rugi” (QS Al Munafiqun : 9).

……………………………………………………………………………….

Ikhwani, Mari melangkah…ke selasar Firdaus (dekat rumah kita), walau jerih !!!
Dari Akhukum Fillah, Ahmad Hadian Kardiadinata.


Nazrul Ahmad, Rudiiskandar Lubis, dan Dahnial Al-Madany menyukai ini.

Ahmad Hadian Kardiadinata :Seorang Murobbi pernah mengatakan :"Klw kalian cari pemimpin yg kepadanya kalian akan serahkan urusan kalian sebaik-baiknya...rajin2 lah datang ke masjid terutama diwaktu Isya & Shubub...dan pilihlah satu diantara yg hadir disana...!!! Hmmmm
Kemarin jam 11:26 · Suka · 3
Rahman Efendi Ar ini juga materi kita pekan lalu kan? dari materi ini pekan lalu, muncul inspirasiku menulis surat cinta untuk murobbi. Sudah ditulis, tp belum dikirim... hehe...
Kemarin jam 14:08 · Suka
Muhammad Syukur Ismar hm
18 jam yang lalu · Suka
Ahmad Hadian Kardiadinata Benar akhi krn ana ingin memastikan semua kita mengulang materi lama ini, krn sptnya ini adalah masalah semua kita dlm menghadapi tarikan2 dunia ini.
Oya lomba surat cinta utk Murobbi kapan dikumpul ya?
9 jam yang lalu · Suka

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Do'a Robithoh

Yaa Allah, Engkau mengetahui bahwa hati-hati ini telah berhimpun dalam cinta kepada-Mu, bertemu dalam taat kepada-Mu, bersatu dalam da’wah kepada-Mu, berpadu dalam membela syariat-Mu. Yaa Allah, kokohkanlah ikatannya, kekalkanlah cintanya, tunjukillah jalan-jalannya. Penuhilah hati-hati ini dengan cahaya-Mu yang tidak pernah redup. Lapangkanlah dada-dada kami dengan limpahan keimanan kepada-Mu dan keindahan bertawakal kepada-Mu. Hidupkanlah hati kami dengan ma’rifat kepada-Mu. Matikanlah kami dalam keadaan syahid di jalan-Mu. Sesungguhnya Engkaulah Sebaik-baik Pelindung dan Sebaik-baik Penolong. Yaa Allah, kabulkanlah. Yaa Allah, dan sampaikanlah salam sejahtera kepada junjungan kami, Muhammad SAW, kepada para keluarganya, dan kepada para sahabatnya, limpahkanlah keselamatan untuk mereka.